Berita


UNPAB-Medan:  Pada hari Rabu, 25 April 2018, Program studi Teknik Komputer  Fakultas Sains & Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi kembali melakukan field dengan thema “tekom goes to command center at deliserdang & pemprov”. Field trip ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester IV yang mengambil mata kuliah Jaringan Komputer III yang didampingi oleh masing masing dosen pengampu mata kuliah. Program studi Teknik komputer dengan konsentrasi jaringan mengunjungi dua lokasi pusat ruang komando (command center)  dan datacenter  di smart province sumatera utara dan deliserdang. Kegiatan ini dihadiri 60 mahasiswa, 5 dosen pendamping dan juga ketua program studi Teknik Komputer. Command Center merupakan tempat penyedia kendali, kordinasi, dan pembuatan keputusan sementara data center merupakan pusat server dimana data data tersimpan. 

Kunjungan pertama ke SUMUT SMART PROVINCE yang berada di kantor gubernur provinsi sumatera utara berada di lantai 6 yang terdiri dari ruang converence , command center dan datacenter diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Drs. H. MHD. Fitriyus, SH, MSP yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Layanan E-Government Dra. Eli Suhaeriyah M.Si di dampingi Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi M. Alfian Jauhari S. Hut dan Kepala Seksi Tata Kelola E- Government Franky Sihaloho, S. Kom.

Eli Suhaeriyah yang secara langsung penanggung jawab Sumut Smart Province menerima dengan baik kunjungan ini. ia mengatakan  Sumut Smart Province merupakan penerapan sebuah konsep Provinsi pintar yang mengoptimalkan sarana teknologi informasi dalam memberikan pelayanan terhadap system pemerintah maupun publik dengan pembangunan infrastruktur, audio visual dan berbagai aplikasi dengan sistem informasi teknologi, yang bertujuan sebagai pusat informasi dan pelayanan terhadap masyarakat. Selanjutnya mahasiswa mengunjungi pusat ruangan server (data center), ruang converence dan command center dan berdiskusi langsung dengan petugas.

Selanjutnya, team melakukan kunjungan ke deliserdang live center yang dimiliki oleh pemerintah kabupaten deli Serdang yang disambut oleh Ibu Elidawati Samosir, S. Kom, M.T  sebagai Kasi. Infrastruktur TIK beserta jajarannya. Mahasiswa mendapat penjelasan terkait infrastruktur jaringan yang ada di kabupaten deliserdang yang telah menerapkan fiber optic dan juga radio, system aplikasi dan juga pusat server (data center) yang menjadi pusat informasi data tersimpan.