Latar Belakang Laboratorium Komputer

Latar Belakang Laboratorium Komputer

Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan bangsa. Melalui fungsi transformasi sumberdaya manusia, Iptek dan sosial perguruan tinggi menempati posisi yang strategis dalam perubahan masyarakat. Dalam era globalisasi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang berkualitas tidak dapat diabaikan begitu saja. Perkembangan teknologi dan informasi begitu pesat, hal ini tentunya mengharuskan kita untuk tanggap dan siap dalam menghadapi perubahan. Begitu juga dalam pelayanan publik, termasuk pelayanan di bidang pendidikan harus menekankan pada kualitas. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam mewujudkan tujuan nasional.

Pendidikan Tinggi sebagai bagian dari pendidikan nasional harus tanggap dan siap juga menghadapi perubahan agar kualitas pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat semakin meningkat. Begitu juga Laboratorium Komputer sebagai bagian yang tak terpisahkan dari perguruan tinggi harus selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Laboratorium Komputer sebagai salah satu unsur penunjang di perguruan tinggi, merupakan perangkat kelengkapan di bidang pendidikan (Pasal 34, PP 30/1990). Dengan kata lain tugas dan fungsi Laboratorium Komputer adalah menunjang kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dimana Laboratorium Komputer itu berada.

Seiring dengan adanya perubahan tata kelola dan rencana strategis program studi di lingkungan Universitas Pembangunan Panca Budi maka UPT.Laboratorium Komputer harus menyelaraskan diri sesuai dengan kebutuhan akreditasi program studi dan rencana strategis institusi khususnya UNPAB.