Sejarah Singkat Laboratorium Komputer

Sejarah Singkat Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) pertama kali didirikan pada tahun 1999 dengan 10 komputer Pentium II dengan jumlah 1 ruangan untuk memfasilitasi Fakultas Teknik yang pada saat itu memiliki 2 program study yaitu Teknik Elektro dan Arsitektur Lansekap.
Pada tahun 2000 Fakultas Teknik membuka 2 program study baru yaitu Teknik Sistem Komputer untuk jenjang S1 dan Teknik Komputer untuk jenjang D3 dan jumlah komputernya ditambah menjadi 30 unit dengan spesifikasi Pentium II.

Seiring dengan semakin berkembangnya program study teknik sistem komputer dan teknik komputer maka pada tahun 2002 jumlah komputer di laboratorium ditambah menjadi 60 unit Pentium IV dengan 2 ruangan dan belum ada Local Area Network ( LAN) .

Tahun 2004 Laboratorium Komputer menambah lagi jumlahnya menjadi 100 unit spesifikasi Pentium IV tetap dengan 2 ruangan sudah ada LAN dengan server yang belum memadai.
Tahun 2006 ini dengan dibangunnya gedung baru, laboratorium komputer mendapat 100 unit Pentium IV baru dengan 2 ruangan baru. Sehingga awal semester ganjil 2006 laboratorium berjalan dengan 4 ruangan masing masing 50 unit komputer/ruang lengkap dengan LAN dan Internet yang cukup memadai dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh fakultas di UNPAB.

Tahun 2009 sampai dengan 2011 UNPAB mendapat bantuan hibah PHKI berupa 100 unit komputer dan projector sehingga ruangan Laboratorium Komputer bertambah 2 ruangan dengan spesifikasi Pentium Dual Core dan Core 2 Duo sehingga total ruangan yang tersedia berjumlah 6 ruangan untuk melayani kebutuhan UNPAB.